BerandaPercetakan6 Jenis Mesin Digital Printing Dalam Industri Sablon
Rhinotec, Solusi Terbaik Seputar Usaha Digital Printing

6 Jenis Mesin Digital Printing Dalam Industri Sablon

Jenis Mesin Digital Printing merupakan kemajuan teknologi dari pengembangan percetakan konvensional menjadi cara digital. Teknik percetakan ini mengubah dari gambar dan text berbasis digital berupa file kemudian segera mencetaknya dengan beragam media secara sigap dan mudah.

Macam-macam digital printing dibagi dengan beragam tipe nan cocok dengan tipe mesin nan bakal digunakan. Berikut ini bakal dijelaskan mengenai jenis digital printing agar lebih mengerti:

6 Jenis Mesin Digital Printing Dalam Industri Sablon
6 Jenis Mesin Digital Printing Dalam Industri Sablon

1. Inkjet Printer

Inkjet printer ialah printer nan amat tak jarang kita jumpai di rumah atau di kantor. Printer ini tak jarang dipakai untuk kebutuhan bisnis dalam percetakan.

Usaha Foto kopi sebagai contohnya, sebuah bisnis nan paling tak jarang menggunakan printer dengan berjenis ini. Selain itu, printer ini juga banyak dipakai untuk bisnis UMKM sebagai membikin souvenir contohnya Mug, cetak foto, undangan Pernikahan, dan lainnya.

2. Mesin plotter atau Plotter Machine

Adalah tipe mesin digital printing nan dipakai utuk mencetak suatu media nan lebar. Mesin ini ada dalam bermacam merek serta ukuran 1.5 meter, 3.2 meter hingga dengan 5 meter nan bisa dipakai untuk mencetak bermacam macam media promosi.

Baca Juga : Mesin Printing: Kupas Pengertian, Jenis dan Metodenya

Selain itu, tipe tinta nan dipakai juga bermacam macam mulai dari tipe tinta Dye atau Pigmen, ecosolvent, Solvent, dan UV. Masing-masing dari tinta itu mempunyai kekhasan masing-masing nan bisa dipilih cocok dengan kebutuhan kamu.

3. Digital Offset

Mesin dari digital printing yang ini bisa menghasilkan cetakan nan ukuran A4 hingga A0. Kadang mesin ini dipakai untuk mencetak peta, cetak kalkir, kitab dan lain sejenis nya. Mesin ini bisa bekerja dengan sigap untuk mengeluarkan cetakan cocok dengan rancangan atau kreasi nan diinginkan.

4. Flatbed Printing

Macam macam Digital printing ini di spesialkan untuk mencetak di media nan tebal seperti kayu, keramik, kaca biasa dan kaca akrilik. Dengan memakai teknologi dari tinta UV, makan mencetak dengan memakai printer Flatbed bisa segera kering dengan sekejap dan gambar bisa memperkuat untuk jangka waktu nan lama.

Baca Juga: Apa Perbedaan Digital Printing dan Konvensional Printing?

5. 3D Printing

Jenis printing ini Mulai dikenalkan di Indonesia sejak tahun 2013, meskipun baru, tapi 3D printing telah menjadi sebuah teknologi nan baru dengan aplikasinya banyak dipakai diberbagai perusahaan. Mesin cetak ini memakai bahan photopolymer serta bisa menghasilkan objek tiga dimensi nan cocok dengan kemauan konsumen.

Jenis mesin digital printing ini sekarang memang belum banyak nan meminati nya, dikarenakan dari kebutuhan dari pasar tetap sedikit. Mungkin saja, jika banyak nan meminati dan memerlukan nya, 3D printing ini bakal menjadi primadona di bumi percetakan.

6. Sablon Digital

Teknik cetak digital dengan sablon ini tetap tergolong cara baru di bumi percetakan, namun sangatlah terkenal. Karena biaya oprasional nya nan condong murah serta bersahabat. Mesin ini bisa mencetak dengan segera diatas permukaan media seperti kain atau katun, dan polyester. Tipe printer nan satu ini memakai tinta Neo Pigmen Kornit nan bisa menghasilkan kualitas cetak sempurna.

Baca Juga: Kelebihan Mesin Digital Printing Dan Kekurangannya

Tags: mesin digital printing indoor, mesin digital printing outdoor, jenis digital printing, mesin printing kain, mesin digital printing a3, jenis mesin cetak, harga mesin printer banner, mesin percetakan offset

Admin
Admin
Sablon digital transfer film atau SABLON DTF yaitu metode sablon digital yang memakai printer sebagai alat mencetak gambar full warna kemudian diaplikasikan di media kain dengan menggunakan mesin press kaos.
ARTIKEL TERKAIT

Paket Usaha

Terbaru

Trending